close

Tips Sukses budidaya ikan lele untuk pemula, perawatan agar lele cepat panen

1 komentar


Ikan lele makanan favorit masyarakat

ikan lele saat ini menjadi makanan favorit untuk semua kalangan masyarakat. mengapa ikan lele menjadi makanan favorit?. dengan harga yang sangat terjangkau kita bisa mengkonsumsi berbagai olahan ikan lele yang sangat lezat, tak hanya harganya yang terjangkau, ikan lele ternyata memiliki kandungan nutrisi, protein, omega 3, vitamin, yang sangat tinggi. ikan lele dapat di olah menjadi berbagai macam masakan. mulai dari lele goreng, pecel lele, lele bumbu pedas dan lain lain. ikan lele sangat mudah kita jumpai di setiap rumah makan di pinggir jalan atau di restoran
.

Cara mudah budidaya ikan lele

tak hanya mudah di jumpai di warung makan, ikan lele ternyata juga mudah dibudidayakan. kelebihan budidaya ikan lele tidak mudah terserang penyakit, cepat besar/ cepat panen, dan tidak perlu sering ganti air. yang harus kita siapkan sebelum budidaya ikan lele adalah kolam untuk menampung ikan lele. 

 

Kolam untuk budidaya ikan lele

 

Ikan lele dapat kita pelihara di dalam kolam buatan / kolam terpal, kolam semen dan kolam tanah/sawah. Untuk ukuran kolam lele 3 x 2 meter dapat ditebar benih 500 ekor dan kolam lele ukuran 5 x 2 meter bisa kita tebar benih lele sampai 1.000 ekor.

 
 Untuk kolam terpal kita perlu persiapkan terpal yang di bentuk menjadi kolam dengan ukuran yang kita inginkan. Kita juga bisa beli terpal yang sudah berbentuk kolam yang mudah untuk dipasang.
setelah kolam terpal di siapkan, isi air dan diamkan selama 3 - 4 hari agar kolam mulai tumbuh lumut. 
 

Memilih bibit ikan lele 

 setelah kolam siap, langkah selanjutnya kita memilih bibit ikan lele. terdapat berbagai jenis ikan lele. pilih bibit ikan lele yang paling unggul. kita bisa pilih bibit ikan lele sangkuriang misalnya. kelebihan ikan lele jenis ini ya itu cepat tumbuh besar jadi kita bisa cepat panen. dipasaran kita dapat membeli bibit ikan dari segala jenis dan ukuran yang bervariasi. misalnya ukuran 3-4cm dan 5-7cm. jika sudah memiliki bibit ikan lele. saatnya kita memasukkan ke dalam kolam lele.

 

Waktu memasukkan bibit lele ke kolam 

waktu yang tepat memasukkan bibit ikan lele yaitu sore hari dengan cara ikan dimasukkan ke ember lalu lepaskan ikan secara perlahan agar bibit ikan lele dapat menyesuaikan suhu dengan kolam barunya.

 

Perawatan ikan lele

perawatan ikan lele sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. pemberian pakan dan selalu cek kedalaman air harus dilakukan secara rutin. untuk pemberian pakan setiap hari jam 7 pagi, jam 4 sore, dan jam 10 malam. pemberian pakan berupa pelet dapat diberikan dengan takaran 500 gram untuk 1000 ekor ikan lele hingga umur 1 bln. pada saat umur 1 hingga siap panen dapat diberikan 1000 gram pakan pelet untuk 1000 ekor ikan lele. dengan takaran tersebut diharapkan ikan lele dapat cepat tumbuh dan menjaga kualitas air agar tidak terdapat sisa pelet yang tidak dimakan ikan lele. cek kedalaman air kolam jika berkurang bisa di tambahkan air.


Cara Panen Ikan lele pada masa panen

masa panen ikan lele adalah yang di tunggu para pembudidaya. saat mememasuki masa panen ikan lele yaitu antara umur 2 - 3 bulan, ikan lele sudah siap di panen. beberapa cara yang dilakukan untuk panen ikan lele. ikan lele dapat kita sortir ukaran besar kecilnya. pilih ukuran ikan lele yang besar sesuai dengan pasaran. jika masih terdapat ikan lele yang belum cukup besar, bisa kita rawat lagi untuk mendapatkan ukuran yang di inginkan.


Jual ikan lele

ikan lele dapat kita jual ke konsumen secara langsung, kepasar, dan pengepul dengan harga bervariasi, mulai dari harga Rp.15.000 hingga Rp.20.000 /kg. 

Jika benih lele yang hidup adalah 80% dari total 100%, maka hasil yang akan dipanen adalah 800 dari 1000 ekor

Apabila per ekor lele memiliki bobot rata-rata 200 gram, maka hasilnya adalah 200 gram x 800 ekor = 160 kg.

 

Penutup

dengan ketekunan dan kegigihan dapat membuat kita mendapatkan hasil yang maksimal. tetap selalu berusaha, bekerja keras, dan selalu berdoa. semoga selalu sukses dalam berusaha.

~~~ salam sukses ~~~

Related Posts

1 komentar

  1. Teruslah berkarya anak q...moga sukses dll berpihak kepadamu...aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Advertisement