close

manfaat jahe, si pedas menyehatkan

Posting Komentar


lensinfo - Jahe merupakan tanaman rempah rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. jahe memiliki nama latin Zingiber jahe banyak di temukan di berbagai daerah asia, khususnya di indonesia, tanaman jahe sangat mudah di jumpai dan relatif banyak.

selain untuk kesehatan, jahe dapat juga dijadikan campuran bumbu masak, bahan minuman, hingga dijadikan bahan pruduk kecantikan. jahe memiliki rasa yang pedas dan dapat menghangatkan tubuh. banyak kalangan masyarakat mengkonsumsi jahe untuk dijadikan minuman yang di campur dengan bahan lain

Baca juga : manfaat wedang rempah dapat cegah covid 19

Manfaat jahe untuk kecantikan juga sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di Indonesia tetapi juga mancanegara. jahe bisa dibuat menjadi masker wajah dan lain lain 

Dari jenis, bentuk, besar rimpang, dan warnanya, jahe dibagi atas tiga jenis, yaitu jahe putih besar, jahe putih kecil, dan jahe merah. Jahe dapat ditanam di tanah yang memiliki ketinggian 200-600 meter di atas permukaan laut dengan rata-rata curah hujan 2.500-4.000 mm/tahun. Namun, pada umumnya, jahe di Indonesia hanya ditanam di pekarangan rumah dan pemanfaatannya pun sebatas untuk konsumsi rumah tangga.

Berdasarkan jurnal Universitas Indonesia berjudul Analisis Kandungan Tanaman Jahe, bangsa Cina telah memanfaatkan jahe selama 2500 tahun untuk obat pencernaan, anti mual, rematik, mengatasi pendarahan, gigitan ular, gangguan pernapasan dan bahkan mengatasi kebotakan.

Di Indonesia, jahe sering ditemukan sebagai kandungan jamu sebagai obat untuk menaikkan tingkat imunitas, seperti membantu mengatasi flu serta masuk angin. Selain itu, dilansir dari buku 365 Tips for Women, manfaat jahe untuk wajah juga diketahui dapat membantu mengurangi jerawat. Caranya adalah dengan mengonsumsi jus jahe. Manfaat jahe untuk wajah juga dapat ditemukan pada kosmetik para Ibu karena ternyata jahe memiliki kemampuan untuk menghasilkan minyak atsiri yang biasanya digunakan sebagai campuran bahan baku kosmetik sebagai bahan antioksidan dan antiseptik. Namun, konsumsi jahe untuk konsumsi tubuh perlu diperhatikan penggunaanya. Mengingat jahe bersifat panas dan kuat, jika konsumsi berlebihan hal ini justru dapat mengganggu pencernaan Ibu dan keluarga. 

 

Baca juga : manfaat wedang rempah dapat cegah covid 19

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Advertisement